Rabu, 04 November 2009
10 ISP Di Indonesia
ISP atau internet service provider adalah perusahaan jasa yang menangani layanan internet, yang membantu consumennya terkoneksi ke internet, namun apakah sudah benar2 memuaskan dan memenuhi harapan para konsumennyaberikut kita simak sebuah article informatif dari blog om deddy :"Layanan internet (broadband) di Indonesia adalah salah satu yang terburuk di dunia, bahkan di Asia. Tingginya tarif internet belumlah sebanding dengan layanan, yaitu kecepatan akses data yang memuaskan. Demikian diungkapkan Ketua Lembaga Riset Sharing Vision Dimitri Mahayana di Bandung, Minggu (1/2).“Tarif internet di Indonesia itu 300 kali lebih mahal daripada di Jepang. Di sana, tarif layanan termurah dilepas di USD 0,13 per megabit/detik.Di tempat kita, yang paling murah Fastnet, ada di USD 15 per megabit/detik,” tutur dosen Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung ini mengutip data dari riset OECD (Organisation for Economic Co-Operation and Development.Rata-rata di Indonesia, tarif layanan internet adalah USD 50 (Rp 550.000 per megabit/detik. Yang jadi masalah, kecepatan akses rata-rata di Indonesia 256 kilobit per detik. Sementara, kecepatan akses di Jepang mencapai 93. 693 kilobit/detik. Maka, dari hasil survei Sharing Vision, kondisi ini mengakibatkan tingkat kepuasan dan ketertarikan berlangganan internet menurun. Dari 84 persen menjadi 66 persen di tahun berikutnya.“Kalau lambat dan mahal seperti ini ya repot. Ibaratnya dengan negara lain, kita naik sepeda mereka naik Rolls-Royce. Padahal, banyak hal dan ilmu yang bisa kita dapat dari internet,” tuturnya.Minimnya konten dalam negeri dan lemahnya infrastruktur, yaitu jaringan backbone di Indonesia adalah beberapa penyebab buruknya layanan internet di negara kita. (kompas)"Sangat disayangkan ditengah pesat tumbuhnya minat dan semangat masyarakat modern dalam berselancar di internet,malah harus berhadapan dengan lambat serta mahalnya jasa internet di indonesia, yang bisa jadi jika minat berinternet turun maka akan semakin banyakpengguna inet langganan yang berhaenti menjadi langganan, dan mungkin bisa berdampak padatersendatnya informasi untuk masyarakat indonesia, karena kita bersama mengetahui bahwa dunia maya memberikan kitainformasi dari seluruh penjuru dunia dengan sangat cepat ,hmmm, untuk mengatasi hal ini tentunya diperlukan dukungan dari1. Pemerintah2. Para ISP3. Konsumenadapun hal yang sekiranya dapat dilakukan oleh pemerintah adalah1. Memberikan stimulus positive bagi terciptanya suatu keadaan koneksi inet yang lebih baik,yang bisa dilakukan dengan mengawasi persaingan, memberikan kebijakan ekonomi serta politikyang membawa arus positive untuk para penyedia jasa koneksi internet2. Menghargai Inovasi anak bangsa serta mendukungnya, karena sewaktu saya menonton metro TV, ada seorang anak bangsa yang memilik inovasi, yaitu wajan bolic,kalau tidak salah, yang menurut pengakuannya, dia diundang ke negara-negara lain di luar negri untuk menjelaskan serta mengajarkan tentang inovasinya tsb, namun menurut pengakuannya lagi,pemerintah kita belum memberikan respon possitive,Ayo dong pak/ibu pejabat pemerintahan, lihat sekelilingmu, begitu banyak inovasi serta kreatifitasyang terkesan di biarkan dan kurang didengar.selain pemerintah, ISP pun bisa melakukan1. Menupgrade server, karena saya terkesan dengan tulisan mas Ari Yohannes via milis YF perjuanganbeliau menjelaskan bahwa jika pelanggan jasa koneksi internet kian banyak, namun tidak ada usaha dari ISP untukmen-upgrade server, maka akan terjadi network yang crowded2. Menghargai inovasi anak bangsa, yaitu dengan menyewa atau mempekerjakan anak bangsayang melakukan inovasi baru serta mempelajari dan menggunakan tekhnology dari inovasi mereka3. Menabuh genderang perang inovasi dalam hal tekhnology serta promosi dengan ISP yang lainjangan hanya berminat untuk perang iklan saja, cappeee deehhh 4. Realistis dan jujur, yaitu dengan menjelaskan kepada calon konsumen yang akan berlangganan mengenai kelemahan serta kelebihan.konsumenpun bisa melakukan sesuatu, yaitu1. komplain ke kantor atau dealer ISP tersebut, bisa juga melalui atau via telephonesaya pribadi menghimbau agar jangan mempublikasikan kekecewaan melalui media cetak, maupun elektronikjika belum melakukan komplain atau protes secara resmi kepada suatu ISPkarena akan mengakibatkan kesimpang-siuran informasi, serta secara tidak langsung merugikan ISP tsb yang seharusnyadidukung bersama.2. Kritis dan sampaikanlah banyak pertanyaan sebelum berlangganan3. Mencari informasi serta referensi yang banyak, sebelum berlangganan4. serta, mencari tekhnologi atau alat untuk mempercepat koneksi internet kita.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar